Property Kita.com

”PropertyKita.com

Jumat, 16 Januari 2009

Kenangan Praktikum Geodesi & Kartografi

ML clipboard

Praktikum Geodesi merupakan bentuk pemahaman aplikasi teori Ilmu Geodesi dan Kartografi. Praktikum ini merupakan mata kuliah wajib mahasiswa Departemen Kehutanan Universitas Sumatera Utara Medan. Dalam praktikum ini ada delapan judul dipelajari, yaitu:

  1. Pengenalan Alat

  2. Pengukuran Jarak Horizontal

  3. Pengukuran Sipat Datar Memanjang

  4. Pengukuran Batas dan Pemetaan Detail

  5. Pembuatan Belokan

  6. Pembuatan Peta Kontur

  7. Analisis Peta

  8. Pengenalan GPS (Global Positioning System)

Setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini diwajibkan membawa buku jurnal mingguan, buku kuis, dan laporan CD. Praktikum dilaksanakan di lapangan dengan menilai kreativitas, kekompakan, dan kerjasama kelompok. Adapun praktikum yang dilaksanakan di lapangan adalah pada judul Pengukuran Jarak Horizontal, Pengukuran Sipat Datar Memanjang, Pengukuran Batas dan Pemetaan Detail, dan Pembuatan Peta Kontur. Kelompok secara umum dibagi atas 5 kelompok, sebab disesuaikan dengan kapasitas ruang laboratorium. Adapun Ruang Laboratorium bernama Laboratorium Manajemen Hutan Terpadu yang terlaetak di Lantai 3 Departemen Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan.

HTML clipboard

Nilai akhir praktikum diperoleh berdasarkan rekapitulasi persentase nilai, dengan perincian berikut:

  1. Jurnal = 20%

  2. Kuis = 10%

  3. Laporan CD = 15%

  4. Tugas Tambahan = 5%

  5. Laporan Akhir = 20%

  6. Praktikal Test = 30%

Berdasarkan pengalaman yang saya alami dalam praktikum ini adalah sangat dibutuhkan ketelitian, keseriusan, dan kedisiplinan yang tinggi. Kerjasama dan kekompakan kelompok juga diuji apakah solid atau tidak yang dapat dinilai dari hasil kerja kelompok. Perbedaan karakter yang dimiliki setiap orang dalam kelompok juga tidak jarang menjadi persoalan yang menyebabkan konflik kecil.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Oding Affandi, S.Hut, M.P (Koordinator Laboratorium) yang mempercayakan saya untuk mengerjakan tugas mulia ini bersama kelima teman-teman yang lain [K' Meylida (Teknologi Hasil Hutan 2005) selaku Asisten Koordinator, Dedi Saputra (Teknologi Hasil Hutan 2006), Meriam Zanaria (Manjemen Hutan 2006), Melyana Purba (Manajemen Hutan 2006), dan Haryanto (Manajemen Hutan 2006)].

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi yang saya lakukan ketika saya dipercaya menjadi asisten Praktikum Geodesi dan Kartografi:

HTML clipboard

Senyum dan semangat selalu ...


HTML clipboard

Aduh... Jangan Rame-rame dunks aku kan lagi ngukur... (Robin)


HTML clipboard

Tetap tersenyum walau banyak data yang wajib dikerjakan


HTML clipboard

Kelompok 2


HTML clipboard

Kelompok 3


HTML clipboardKelompok 5


HTML clipboard

Adapun tujuan akhir dari praktikum ini adalah mahasiswa mampu membuat atau memetakan suatu permukaan bumi ke dalam bentuk peta kontur. Mahasiswa Kehutanan harus mampu membuat peta suatu keadaan topografi bumi dengan alat-alat yang sederhana sekalipun. Pernyataan ini senada dengan yang disampaikan oleh Bapak Bejo Slamet, S.Hut, M.Si selaku dosen tim penyusun buku penuntun praktikum Geodesi dan Kartografi. Pengalaman beliau selama ia pernah menjadi Asisten Praktikum Geodesi dan Kartografi di IPB memetakan topografi bumi suatu hal yang sangat berharga ketika beliau menuturkan pengalamannya dengan saya.

Semoga ilmu yang diterapkan selama dalam praktikum dapat pula kembali diterapkan oleh saya dan teman-teman yang telah menjalani praktikum ini. Semoga kita meraih kesuksesan bersama.

God Bless You All ...

Tidak ada komentar:

Tail